Latest Updates

Sosial Media Marketing Sebagai Sarana Pemasaran

Sosial media marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang banyak dilakukan oleh industri kecil atau besar saat ini. Terlihat mudah, tapi sebetulnya strategi pemasaran ini cukup rumit. Salah-salah, pemasaran jadi tidak maksimal dan citra perusahaan jadi korbannya. Oleh karenanya, cari tahu tentang Kursus SEO sebagai pihak yang bakal membantu Anda agar sukses dalam melakukan sosial media marketing.

Demam sosial media di dunia tidak terbatas oleh usia, profesi, dan jenis kelamin. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa, baik yang berprofesi sebagai pegawai negeri, karyawan swasta, atau pelaku bisnis, dan entah itu laki-laki atau pun perempuan rata-rata sudah memiliki dan menggunakan sosial media secara aktif. Bagi mereka, sosial media menjadi media yang memenuhi kebutuhan setiap orang yang mana bisa mengekpresikan diri melalui rangkaian kata, foto, atau video serta memungkinkan seseorang menjaga silaturahmi & memperluas relasi tanpa mengeluarkan biaya untuk bisa menjadi penggunanya. Bertolak dari kondisi ini, tak heran jika hampir semua industri kecil atau besar memanfaatkan sosial media untuk bisnis atau memasarkan produk-produknya. Hanya saja, sosial media marketing sama halnya dengan strategi pemasaran lainnya yang tidak hanya memiliki keunggulan tetapi juga kelemahan. Lebih jelas, sebagai berikut:


kursus digital marketing website dan seo Dumet School Depok

Sosial Media Marketing Sebagai Sarana Pemasaran

Segi Positifnya
Adapun beberapa keunggulan jika melakukan sosial media marketing di antaranya:
Hemat biaya. Setiap pelaku bisnis pasti ingin berusaha menekan pengeluaran semaksimal mungkin. Dengan melakukan sosial media marketing, keinginan ini bisa terwujud. Bagaimana tidak, pelaku bisnis tidak akan mengeluarkan dana sepeserpun untuk membuat akun sosial media.
Jangkauan lebih luas. Internet bisa diakses oleh seluruh orang di dunia dan seluruh orang di dunia bisa dibilang telah memiliki akun sosial media bahkan tidak hanya satu. Kondisi ini memungkinkan industri menjangkau lebih banyak konsumen. Alhasil, peluang penjualan meningkat bakal semakin besar.
Kedekatan lebih terbangun. Di sosial media, industri bisa lebih mendekatkan diri dengan calon konsumen atau pelanggan melalui pengiriman feedback yang cepat di kolom komentar atau pesan. Kedekatan dengan calon konsumen sejatinya memungkinkan menjadikan mereka sebagai konsumen dan kedekatan dengan pelanggan akan mempertahankan loyalitas mereka.

Segi Negatifnya
Kelemahan menggunakan sosial media marketing adalah nama baik perusahaan mudah hancur. Beberapa pengguna sosial media acap kali tidak bisa mengontrol kata-katanya (yang disampaikan melalui tulisan) dengan baik. Seperti halnya, karena ketidakpuasannya setelah menggunakan produk dari sebuah industri, mereka tidak segan berkomentar negatif. Komentar ini sangat berpotensi menjadi bahan pembicaraan di sosial media yang dalam waktu singkat dapat membuat nama baik perusahaan hancur.


kursus website dan seo di dumet school depok
Akan tetapi, kelemahan ini masih bisa diminimalisir atau dicegah oleh pelaku bisnis. Misalnya dengan memfilter komentar negatif tersebut, meminta maaf kepada komentator atas ketidaknyamanan & ketidakpuasannya serta memberikan solusi, dan lain sebagainya agar komentar tidak tersebar sehingga menjadi topik perbincangan di sosial media.

Terlihat mudah, tapi sebetulnya pemasaran melalui sosial media terbilang sulit. Jika tidak mengelola sosial media untuk pemasaran dengan baik, imbasnya adalah hancurnya citra bisnis. Silakan minta bantuan KANA digital agency untuk lakukan sosial media marketing agar lebih sesuai ekspektasi. Jika tertarik lakukan sendiri, berikut tips-tipsnya:

Perbanyak pertemanan. Semakin banyak pertemanan yang dijalin, akan semakin mudah untuk memasarkan produk dan semakin memperbesar peluang untuk menjadikan mereka sebagai konsumen.
Tarik perhatian mereka dengan lomba berhadiah. Tidak mudah untuk menarik perhatian pengguna sosial media terutama mereka yang hanya fokus memanfaatkan sosial media untuk bersosialisasi. Makanya, tarik perhatian mereka dengan lomba berhadiah.
Pakai hashtag. Untuk mempermudah seseorang menemukan postingan Anda, pastikan untuk memakai hashtag dalam setiap postingan. Pakai hashtag yang sesuai & banyak dicari.
Gunakan monitoring tools. Untuk pemasaran bisnis, Anda tentu tidak cuma menggunakan satu sosial media saja tapi banyak agar lebih maksimal. Bakal kesulitan ketika Anda tiap hari memantau banyak sosial media satu per satu, bukan? Makanya, Anda disarankan menggunakan monitoring tools yang bisa didownload gratis atau berbayar.